Tuesday, December 4, 2007

MOUNTAIN TOUR

Hari kedua kami bangun siang soale semalam kan emang boboknya larut banget...
Acara hari ini dimulai jam 11 siang dan makan siang makan dihotel ajah, saya lupa banget makan apa *maklum postingan ini diposting setahun kemudian*, tapi kayaknya kita makan dikamar hotel ajah. Ngabisin bawaan semalam.

Acara hari ini misah ajah, temen2 yang baru pertama ke Musandam pada ikut tour Dolfin dan kami berlima ( pak Irfan, Pak Heru dan ibu, mas Bambang dan aku), ikutan mountain tour naik ke gunung jebel Hareem yang tingginya 2086m.
Suhu di Syagh Plateau ajah yang kira2 tingginya 1600 m, beda suhunya dengan bisa 8 derajat, katanya kalau summer kemping disini enak dan banyak turis kemping disini.
Hanya jalanan ke Saygh Plateau ini serem bow, kalau pake mobil sendiri kayaknya mayan bahaya kalau gak terampil nyupir dijalan yang gravel dan sempit.

Jangan kaget kalau fotonya hanya kebanyakan batuan ajah, kalau di daerah kayak gini ya yang dinikmati adalah batuan bukan ijo2an...
Bagus engganya tergantung minat tentunya.
Juga tergantung jiwa advonturirnya. Demen yang aneka ragam pemandangan atau hanya demen lihat yang ijo2 ajah....
Kalau demen lihat yang ijo2 ajah jelas jangan kesini, gak bakalan tertarik soale.

Dibawah ini foto2 kenangan kami ketika mountain safari ke Jebel Hareem region dan Khor Nadj.
Musandam di pagi hari, difoto dari hotel dimana kami menginap.

Photobucket
Rute pertama ke rumah kuno di kaki bukit sebelum ke Khor Nadj.

Rumah kunonya...dan isinya.

Khor/Kawr Nadj, pantai nyang indah hanya buat kesana kudu melewati bukit tinggi dulu.
Biasanya orang suka juga piknik atau kemping disini, hanya ya itu dia kalau butuh ke kota nanjaknya ampun deh...
Tapi fasilitas air tawar ada juga disini *kata buku*.

Photobucket
Judul : mejeng2 di Khawr Nadj.

Masih mejeng, kali ini bapak2nya...
Tapi pantainya indah seh kalau dilihat dari atas... kapan2 pengen juga turun.

Photobucket
Turun dari Khor Nadj yang dilihat ya shooting range...
Tapi ini buat militer, lihat ajah jaraknya segitu jauhnya...

Perjalanan menuju ke Jebel Hareem. Asyik juga seh tapi sayang supirnya kagak bisa bahasa Inggris...
Jadi ceritanya dia kita kagak bisa ngerti juga.

Photobucket
Kita naik ke ketinggian 1600 meter menuju Saygh Plateau, dan jalanannya gravel juga gak lebar, jadi kalau nyupir sendiri, cukup tegang kayaknya.

Pemandangan mah bisa diduga kalau hanya batuan...tapi kalau diperhatikan makin kita nanjak suhu makin turun...
Jangan coba pake non 4WD, bakalan KO, soale beneran nanjak trus jalanan gravel kasar. Dan lebar jalanannya pas ajah 2 mobil...
Kayaknya 2 kali kesini agak2 mikir inget lebar jalanannya udah sempit salah satu sisinya jurang, gak ati2 ya wasallam...
Untung yang nyupir udah tinggi banget jam terbangnya.

Ini salah satu penunjuk jalan, kalau kita berada di jalan "yang benar", alias kagak nyasar.

Photobucket
Buat Geologist kayak Irfan ya jelas menarik datang kesini, mungkin tahun2 depan Bamby bisa juga datang kesini buat mempelajari batuan...

Sedikit lagi nyampe di Jebel Hareem, udah kliatan ada satu dua desa.
jangan bayangkan desa disini tuh penuh dengan rumah, paling banter mah 10 rumah ajah...
Kagum juga mau tinggal diatas sini, yang jauh dari segala macem, tapi kliatannya pasokan air dan listrik ada lho...*hebat*

Photobucket
Nah ini yang namanya Saygh Plateau yang tingginya 1600 meter diatas permukaan laut, jangan ditanya dinginnya ketika kami datang kesini.
Sayang lagi belum hujan jadi gak kliatan kalau wadi ini sebetulnya tanah yang digarap buat tanam menanam.

Dataran yang biasanya ditanami dan juga old sttlement.
Dataran wadi ini sangat subur dan biasanya setelah ada hujan langsung jadi ijo semua...
Sekarang kliatannya masih gersang seh...
Tapi pernah lihat foto dimana gitu udah ijo banget, cakep emang ditengah gunung batuan ada daerah yang subur.

*After occasional rains this area is green and lush. Fences mark off various plots on this vertile plateau, and along the wadi there are small sttlements and houses.
If you keep your eys open, you will spot houses built into the rock.
It can be difficult to distinguish where the nature ends and the man made begins.*
(dikutip dari buku Offroad of Oman)

Rumah2 penduduk yang masih dihuni juga, plus puing sisa2 settlement jadul.

Photobucket
Pemandangan Syagh Plateau dan sekitarnya yang kami jelajahi untuk mencapai Jebel Hareem. Meskipun kita gak bisa mendaki hingga summitnya karena ada instalasi militer tapi minimal kita bisa lihat dimana summit itu berada yang tingginya 2068 m.

Ini summitnya... yang budel bulatan itu adalah instalasi militer.
Kebayang emang indahnya pemandangan dari Summitnya.

Photobucket
Perjalanan kami lanjutkan, mendekati summit dekat instalasi militer dipos pertama.

Pemandangan dari hampir summitnya...
Kata bukunya seh view point dimana kita bisa lihat kekiri Wadi bieh, dan agak kekanan Ras Al Khaimah.

Photobucket
Nhaaa ini pos pertama nya, sebetulnya seh kagak boleh difoto, tapi biasa belaga bego ajah...

Mejeng dulu ah sambil rada kedinginan, beneran ternyata dingin banget disini, dan emang pemandangannya bikin gak pengen pulang.
Kebayang kemping disini bisa beku, dan kabarnya seh kalau musim dingin banget bisa ada lapisan es di summitnya...

Photobucket
Perjalanan dilanjutkan lagi ke arah Rawdah Bowl, hanya orangnya gak mau bawa kita kesana, entah mungkin kudu nambah duit baru nyampe Rowdah...
*masih ada lain kali*

Pemandangan dari atas yah kayak gini... Pak Irfan beneran terpesona...
Kliatannya Pak Heru ngantuk deh... heheheheh

Photobucket
Mejeng2 ah.... itu perut aduh kok bulet amat yak ?, Kita lalu melewati yang namanya rock Carving dengan peninggalan yang unik, fossil laut yang terlihat dibatuan.
Untung perginya ama geologist jadi mayan ada yang nerangin...*gantinya guidenya*

Batuan yang kita lihat ini adalah fossil binatang laut, bayangkan digunung yang tingginya hampir 2000 meter ini ada fosil binatang laut.
Sebetulnya didaerah sini banyak banget juga rockcarvings/petroglyphs, tapi saking banyaknya batuan sampai bingung lihatnya....

Photobucket
Akhirnya kita kembali ke"bawah", melewati Saygh Plateau kembali... terlihat ada yang bawa mobil kemping...
Jadi teringet tulisan dibuku offroad...

*dari buku offroad*
Camping at altitude.
This is wonderful area to camp, especially during the hotter months. You are roughly 1600m above sea level and temperatures overnight are markedlycooler than on the coast ( by about 8'C) and, dare one say, comfortable.
As always be sensitive if is flattened area looks like being cultivated, camp elsewhere - suitable sites are easy to find.
Then take out your BBQ and shisha and settle in for the night. Shootings stars abound at certain times of the year, particularly during August.
*lihat kiri atas military basenya kliatan*

Photobucket
Pemandangan wadinya di Saygh Plateau emang asyik dinikmati, gak bosen2nya...dan kita menuju kembali kebawah....

Masih sedikit dataran wadinya terekam... bye bye see you next time..
pengen bareng Bamby deh kesini...

Photobucket
Foto2 dalam perjalanan pulang tetep amazing lihat pemerintah Oman beneran mengadakan fasilitas jalan raya kegunung seperti ini...
kebayang ngerjainnya gimana, soale emang curam banget...

Masih batuan yang menarik..... dan tour selama 4 jam akhirnya berakhir juga...
kenangan indah buat kami berdua.
pengen lagi kesini tapi bersama ananda.

(back to : JALAN BARENG KE MUSANDAM )